Sebelumnya kita sudah membahas surat orang misterius yang
dikirimkan untuk Sophie mengenai “Mitos-mitos”. Kita sudah membaca mengenai
bagaimana masyarakat Skandinavia memahami fenomena alam dengan mitos-mitos yang
telah beredar, yaitu tentang Thor dan juga Freyja yang dianggap sebagai Dewa
dan Dewi kesuburan.
Namun dari beberapa kalangan mulai mempertanyakan mengenai
mitos-mitos tersebut. Yaitu para Filsuf yang bermazhab Milethus, mereka ingin penjelasan mengenai fenomena alam tidak
melalui cerita-cerita khayalan, tetapi yang mereka ingin dapatkan adalah
jawaban yang rasional, yang dapat diterima oleh akal sehat manusia. Maka dari
itu banyak orang yang menyebutkan para filosof alam atau filosof Pra-Socrates
(sebelum Socrates).
Thales, Anaximander, Anaximenes
Thales, Anaximander, Anaximenes
Pertanyaan-pertanyaan pada zaman itu seperti “Apakah zat
dasar yang membentuk segala sesuatu?”, “Apakah air dapat berubah menjadi anggur?”,
“Bagaimana air dapat menghidupkan seekor katak?”.
Thales adalah filsuf alam yang mengungkapkan segala sesuatu itu berasal dari air. Ia mengungkapkan pernyataan itu ketika air surut dari delta di sungai nil, setelah surut maka tumbuhlah pepohonan dan keluarnya cacing dari tanah. Maka sampailah pemikiran Thales bahwa air adalah zat dasar yang membentuk segala sesuatu.
Selanjutnya Anaximander, filsuf alam ini membantah
pernyataan Thales bahwa air adalah sumber dari segala sesuatu. Bagi dirinya
sesuatu yang telah ada berasal dari sesuatu yang tak terbatas. Air tidak memenuhi
pernyataan itu karena api tidak memiliki unsur air, maka sifat air terbatas.
Baginya pasti ada sesuatu zat dasar yang tak terbatas sehingga zat tersebut
menjadi zat dasar untuk membentuk segala sesuatu.
Anaximenes adalah filsuf alam sekaligus murid dari Thales,
tentu saja ia sudah memahami tentang pernyataan Thales bahwa segala sesuatu
berasal dari air. Namun ia punya pemikirannya yang berbeda, ia tetap mengakui
bahwa air adalah sumber kehidupan. Namun yang menjadi zat dasar bukanlah air,
namun udara. Menurutnya Air adalah udara yang diperas maka ia akan menjadi
hujan, ketika udara diperas lebih keras lagi maka akan menjadi tanah. Udara yang dijernihkan adalah api.
Maka kesimpulan dari pernyataan Anaximenes adalah air, tanah, api adalah sumber kehidupan. Tetapi zat dasar untuk membentuk ketiga unsur itu adalah udara.
Maka kesimpulan dari pernyataan Anaximenes adalah air, tanah, api adalah sumber kehidupan. Tetapi zat dasar untuk membentuk ketiga unsur itu adalah udara.
Parmenides
Orang Elea di Italia Selatan mulai tertarik untuk mencari
jawaban tentang apa yang dicari oleh orang Milethus , salah satunya yang paling
terkenal adalah Parmenides. Menurutnya segala sesuatu itu berubah secara terus
menerus sesuai apa yang dirasakan oleh
indranya, tetapi baginya indranya itu menangkap secara tidak tepat. Maka bagi
Parmenides tidak ada perubahan yang factual.
Heraclitus
Rekan sezamannya Heraclitus yang berasal dari Ephesus di Asia Kecil. Baginya alam selalu berubah
secara terus menerus, karena itu sifat paling mendasar dari alam. “Segala
sesuatu terus mengalir” kata Heraclitus. Kita tidak akan masuk ke dalam sungai
yang sama, ketika kita masuk ke dalam sungai untuk kedua kalinya, maka kita
atau sungainya telah berubah.
Bagi Heraclitus, dunia itu dicirikan oleh adanya kebalikan.
Ada sakit maka ada sehat, jika kita tidak mengenal kesedihan maka kita tidak
akan tahu rasanya bahagia. Yang baik maupun buruk punya tempat masing-masing,
tanpa pengaruh kedua hal tersebut maka dunia ini tidak akan pernah ada.
Maka dari segala perubahan yang terus terjadi pada alam, menurut Heraclitus ada satu “entitas” atau kesatuan yang menjadi sumber dari segala sesuatu, dinamakannya Tuhan atau “Logos”.
Maka dari segala perubahan yang terus terjadi pada alam, menurut Heraclitus ada satu “entitas” atau kesatuan yang menjadi sumber dari segala sesuatu, dinamakannya Tuhan atau “Logos”.
Kedua filsuf itu antara Parmenides dan Heraclitus mempunyai
pendapat yang berbeda.
Parmenides
- Segala sesuatu tidak dapat berubah
- Yang lebih percaya kepada akal budinya atau rasionalismenya, sedangkan
Heraclitus
- Segala sesuatu mengalir terus atau berubah
- Yang lebih percaya pada penangkapan indranya.
Empedocles
Ada seorang jenius yang mampu membuat kesimpulan dari kedua filsuf yang silang pendapat itu, ia adalah Empedocles dari Sicilia.
Ada seorang jenius yang mampu membuat kesimpulan dari kedua filsuf yang silang pendapat itu, ia adalah Empedocles dari Sicilia.
Bagi Empedocles mereka berdua betul dalam satu hal namun
salah dalam penegasan yang lain. Penyebab dari pertentangan dua filsof itu
adalah sama-sama mengemukakan adanya hanya satu unsur. Kesenjangan antara apa
yang dikemukakan akal dan apa “yang dapat kita lihat dengan mata kita sendiri”
tidak akan dapat disatukan.
Air jelas tidak dapat berubah menjadi ikan atau kupu-kupu.
Air murni akan tetap menjadi air murni, maka dalam hal ini Parmenides benar,
bahwa tidak ada yang berubah.
Namun kita harus tetap harus percaya dengan apa yang indra
kita lihat bahwa alam itu berubah, maka ia sependapat juga dengan Heraclitus.
Namun yang salah dari Heraclitus ia hanya menaruh satu unsur saja. Karena tidak
mungkin air akan berubah menjadi seekor ikan.
Maka dari itu Empedocles percaya bahwa segala sesuatu yang
ada di dunia terdiri dari empat unsur, yaitu: air, api, tanah, dan udara.
Segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah pencampuran dari keempat unsur ini.
Namun ketika sebatang bunga atau seekor binatang mati, maka keempat unsur itu
tadi akan berpisah dan menyatu lagi menjadi bentuk yang lain.
Kita ibaratkan seperti lukisan, kita hanya membutuhkan warna merah, hijau, biru untuk menghasilkan warna yang lain.
Empedocles percaya bahwa ada dua kekuatan yan bekerja di alam, yaitu cinta dan perselisihan. Cinta mengikat segala sesuatu, sedangkan perselisihan memisahkannya.
Kita ibaratkan seperti lukisan, kita hanya membutuhkan warna merah, hijau, biru untuk menghasilkan warna yang lain.
Empedocles percaya bahwa ada dua kekuatan yan bekerja di alam, yaitu cinta dan perselisihan. Cinta mengikat segala sesuatu, sedangkan perselisihan memisahkannya.
Anaxagoras
Filsuf lain yang tidak setuju bahwa air adalah sumber dari
segalanya ialah Anaxagoras,dan dia juga tidak setuju bahwa air, tanah, api, dan
udara dapat membentuk tulang. ia adalah filsuf pertama yang terdengar dari
Athena.
Menurut ia, adalah partikel-partikel kecil yang membentuk segala sesuatu, seperti ketika kita meminum susu maka terdapat partikel yamg paling kecil dari susu yang menjadi bahan dasar untuk membentuk tulang.
Menurut ia, adalah partikel-partikel kecil yang membentuk segala sesuatu, seperti ketika kita meminum susu maka terdapat partikel yamg paling kecil dari susu yang menjadi bahan dasar untuk membentuk tulang.
Sampai saat ini para filsuf sudah sampai pada adanya
partikel-partikel kecil yang akan berakhir bahwa terdapat unsur paling kecil
dari sebuah benda yang kita kenal sampai saat ini dan ditemukan oleh seorang
filsuf. Terima kasih.
0 komentar:
Posting Komentar
Berkomentarlah, sebelum komentar itu dilarang