Rabu, 16 September 2020

Sindrom Frankenstein dalam Ilmu Ekonomi

"20 tahun terakhir, jam kerja warga Amerika Serikat meningkat setiap tahunnya (9 jam). Selama hampir 100 tahun jam kerja berkurang, penurunan ini tiba-tiba berhenti pada tahun 1940. Itulah dimulai era baru jam kerja" - Julie Schor

Penciptaan PDB telah menandai sebuah titik baru dalam evolusi pemikiran ekonomi dan hubungannya dengan perumusan kebijakan Pemerintah. Seakan-akan ilmu sosial lainnya dikangkangi oleh ilmu ekonomi, demi tercapainya kesejahteraan masyarakat yang didasarkan atas angka PDB.

Arthur Okun direktur Council of Economic Advisers (1968 - 1969) adalah salah satu pemuja angka PDB. Dia mencetuskan Hukum Okun yang berbunyi bahwa setiap kenaikan 3 persen PDB akan menghasilkan penyerapan tenaga kerja sebesar 1 persen. Namun sayangnya, hubungan antara PDB dan penyerapan tenaga kerja ini tak pernah dipertanyakan oleh para pembuat kebijakan ataupun ekonom. Dari 1960an sampai saat ini PDB begitu menguasai arena politik yang menjanjikan kebahagiaan bagi masyarakat.

Setelah periode euforia awal PDB, Kuznets sebagai pencipta angka tersebut mulai meragukan ciptaannya. Ia khawatir apabila bertambahnya belanjaan barang mewah berada di skala pendapatan nasional, maka akan menutupi jatuhnya daya beli di tingkat bawah, sehingga terciptalah yang kaya akan semakin kaya dan yang miskin akan semakin miskin. Dilihat dari kasus seperti itu PDB seakan-akan seperti "pemutih statistik" mencuci ketimpangan yang terjadi. Hal tersebut dapat menciptakan bias bagi para pembuat kebijakan dalam membuat kebijakan ekonomi.. 

Pada 1962, ketika PDB disalahartikan demi tujuan-tujuan politik. Kuznets menyatakan pendapat bahwa kesejahteraan sebuah bangsa hampir tidak dapat disimpulkan dari sebuah ukuran produksi nasional. Menurutnya perhitungan produk neto lebih akurat dibandingkan dengan bruto. Namun dikarenakan efisiensi produk bruto maka PDB menjadi begitu populer yang dikeluarkan dalam tiap kuartal. Walaupun terjadi bias untuk mengukur produksi ekonomi suatu negara.

Sejak pertengahan 1900-an, berbagai kajian telah dilakukan yang menunjukan bahwa tidak adanya korelasi pertumbuhan PDB dengan kebahagiaan yang dirasakan oleh individu. Dalam makalahnya pada 1974, Richard A. Easterlin dari University of Southern California memaparkan bahwa kebahagiaan individu tidak ikut meningkat saat terjadinya pertumbuhan PDB. Malah Pertumbuhan PDB tidak meningkatkan masyarakat pada suatu titik rasa berkecukupan, sebaliknya pertumbuhan PDB meningkatkan keinginan individu pada taraf hidup yang lebih tinggi lagi yang menciptakan rasa tak merasa cukup.

Pada 1977, paradoks Easterlin diuji dengan data yang lebih baru dan kompherensif namun hasilnya sedikit lebih optimistis. Kebahagiaan yang dilaporkan di AS maupun Eropa hanya tumbuh sedikit saja dalam 20 tahun terakhir sedangkan pertumbuhan PDB menunjukan peningkatan yang luar biasa. Tingkat pertumbuhan bunuh diri masyarakat di negara-negara kaya bahkan lebih tinggi dibandingkan dengan negara-negara miskin. Simpelnya, pertumbuhan ekonomi hanya membeli secuil kecil saja kebahagiaan.

Perhitungan PDB umumnya mengabaikan sumber kemanfaatan atau ketidakmanfaatan yamg tidak terkait dengan transaksi pasar atau diukur oleh nilai pasar untuk barang dan jasa. Hal tersebut membuat Nordhaus dan Tubin mengatakan bahwa dihapuskannya waktu luang dan kegiatan produktif nonpasar dari pengukuran produksi memberi kesan bahwa para ekonom itu materialistis secara membabi buta.

Dengan contoh sebagai berikut, saat kita membangun taman yang indah di halaman rumah kita dan memiliki tetangga yang begitu mengjengkelkan. Maka kedua hal tersebut tidak menjadi salah satu faktor kebahagiaan individu yang dilihat oleh para pembuat kebijakan. Terkadang hal-hal yang berpengaruh negatif terhadap masyarakat malah berpengaruh positif terhadap PDB. Seperti misalnya ketika di suatu daerah yang lingkungannya sudah terkontaminasi akibat aktivitas tambang, namun bagi PDB itu adalah pertumbuhan ekonomi yang menandakan pertumbuhan ekonomi yang dianggap mampu meningkatkan kebahagiaan masyarakat di daerah tersebut.

Pada 1970an, ekonom Fred Hirsch secara panjang lebar mengatakan sebagai warisan moral yang menipis dari pertumbuhan PDB. Menurut Hirsch, PDB hanya dapat mempertahankan dirinya melalui penghancuran barang-barang non-pasar, yaitu dengan mengurangi pemakaian gratis dengan cara digantikan dengan pemakaian yang berbayar. Dalam The Great Transformation pakar ekonomi-politik Karl Polanyi menyajarkan proses eksploitasi manusia dan sumber daya alam yang mencirikan pembentukan "masyarakat pasar".

Kehidupan urban adalah kota yang dibangun untuk pekerja, jarang ditemui fasilitas gratis, banyak tempat-tempat menawarkan hiburan yang berbayar. Apalagi kesejahteraan individu masyarakat urban sangat bergantung pada apa yang orang lain lakukan sehingga menimbulkan dampak negatif bagi mereka untuk menguras sumber dayanya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, yang dinamakan pengeluaran defensif yaitu pengeluaran yang digunakan untuk mempertahankan dirinya dari degradasi sosial.. Ekonom Italia Antoci dan Bartolini menyebut ini sebagai "Sindrom Penyejuk Udara". Dimana masyarakat menggunakan penyejuk udara di dalam ruangannya, dari mesin penyejuk udara menghasilkan gas-gas yang merusak ozon bumi, sehingga membuat bumi lebih panas. Dengan begitu masyarakat luas akan berbondong-bondong untuk membeli penyejuk udara.

Lalu sebenarnya apa yang membuat hidup ini bernilai?

Walaupun begitu, tidak semua mereka yang berada di panggung politik mempercayai angka yang maha ajaib ini. Salah satu dari politikus itu adalah Robert F. Kennedy saudara dari JFK. Pada 1968 ia mencalonkan diri sebagai presiden dengan mengusung platform keadilan ekonomi. Dalam kampanyenya di University of Kansas, ia menyampaikan dalam pidatonya yang bersejarah, yaitu:

"Produk Nasional Bruto tidak menghitung kesehatan anak-anak kita, kualitas pendidikan mereka, atau suka rianya permainan mereka. Perhitungan itu tidak mengikutsertakan keindahan puisi kita atau kekuatan rumah tangga kita, kecerdasan kita dalam debat publik atau integritas pejabat kita. pengetahuan kita. Singkat kata, PDB menghitung semuanya, kecuali hal-hal yang membuat hidup kita bernilai."

Seperti Frankenstein dalam novel Mary Shelley, Kuznets mengakui bahaya dari apa yang telah dia ciptakan. Ia memperingatkan politisi maupun masyarakat mengenai potensi manipulasi dan kesalahpahaman seputar PDB dan pertumbuhan ekonomi.

Bersambung...

Sumber: Sejarah dan Realitas Politik di Balik Angka Pertumbuhan Ekonomi, oleh: Lorenzo Fioramonti

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah, sebelum komentar itu dilarang