Senin, 15 Juli 2019

Dunia Sophie: Taman Firdaus



Sophie Amundsend, gadis kecil memiliki ayah yang bekerja sebagai pelaut dan ibu yang bekerja hingga sore hari, Di sekolah Sophie memiliki teman bernama Joanna. Ketika pulang sekolah mereka berdua selalu bersama berjalan kaki menuju rumah masing-masing. Rumah Sophie dua kali lebih jauh dibanding rumah Joanna. Sesampai di rumah, kegiatan Sophie adalah mengecek kotak surat yang berisikan surat-surat untuk ibunya dan juga surat dari ayahnya yang sedang melaut lalu mengerjakan pekerjaan rumah. 

Taman Firdaus
 
Pada suatu hari ada surat yang bertuliskan untuk Sophie Amundsend. Surat itu bertuliskan "Siapakah kamu?". Pertanyaan itu membuat bingung dirinya, karena sebelumnya ia belum pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini. Dalam bab ini diceritakan bagaimana penulis surat misterius itu memberikan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kepada Sophie. Bukankah terasa aneh bahwa ia tidak mengenali dirinya sendiri?

Muncul pertanyaan dalam dirinya, apakah manusia itu? lalu muncul pikiran bahwa bukankah dirinya tidak akan hidup selamanya? Lalu apakah ada kehidupan setelah kematian?

Ketika seseorang mendalami bahwa suatu hari dirinya akan mengalami kematian, maka ia akan lebih menghargai hidup. Kamu tidak dapat merasakan hidup tanpa menyadari bahwa kamu akan mati, sebaliknya kamu akan merasakan kematian tanpa memikirkan betapa menakjubkannya hidup.Tragis ketika seseorang lebih menghargai hidupnya ketika ia jatuh sakit.

Surat kedua datang dari penulis misterius itu, pertanyaannya adalah "Dari mana datangnya dunia?"

Pertanyaan itu membuatnya semakin bingung, lalu ia berpikir tuhanlah yang menghadirkan dunia ini, itu adalah jawaban terbaik untuk permasalahan ini. Namun dari mana tuhan berasal? apakah dia diciptakan? apakah dia menciptakan dirinya sendiri? Mana mungkin ia menciptakan dirinya sendiri sebelum menjadi "diri".

Surat ketiga pun datang lagi yang dialamatkan : "Hilde Moller Knag, d/a Sophie Armundsend, 3 Clover Close.." Isinya adalah ucapan ulang tahun dari seorang ayah kepada anaknya yang bernama Hilde Moller Knag, namun kenapa si ayah mengirimkan surat ini kepada dirinya? dan tepat sekali sehari sebelum ulang tahun sophie.

Sophie membaca surat-surat itu di halaman belakang rumahnya, tepatnya di tempat tersembunyinya yang berada di semak-semak yang telah lama terbengkalai selama dua puluh tahun. Orang-orang tidak dapat melihat Sophie apabila ia sedang berada di sana. Namun sebaliknya Sophie dapat melihat ayah dan ibunya dari lubang kecil di semak-semak ketika ayah ibunya sedang mencari Sophie.

Ia merasa dari lubang kecil inilah ia dapat melihat keindahan tanpa terlihat oleh orang lain, seperti yang diceritakan bibel yang diajarkan di sekolahnya tentang taman firdaus. Bagi Sophie, taman ini adalah surga kecil yang indah.

Pada akhirnya Sophie dibingungkan oleh tiga hal, yaitu : Siapa yang telah mengirimi surat-surat itu? , yang kedua adalah pertanyaan-pertanyaan sulit yang ada didalam kertas itu, dan yang ketiga adalah Siapa hilde? kenapa kartu ucapan ulang tahun untuknya ada pada dirinya?

0 komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah, sebelum komentar itu dilarang